Fashion desain adalah seni dari penerapan desain dan estetika atau keindahan alam untuk pakaian dan aksesoris. Fashion desain dipengaruhi oleh lintang budaya dan sosial, dan telah bervariasi dari waktu ke waktu dan tempat. Perancang busana bekerja dalam sejumlah cara dalam merancang pakaian dan aksesoris. Beberapa bekerja sendiri atau sebagai bagian dari tim.
Mereka
berusaha untuk memuaskan keinginan konsumen untuk pakaian estetis
dirancang, dan, karena waktu yang dibutuhkan untuk membawa pakaian ke
pasar, harus pada waktu mengantisipasi perubahan selera konsumen.Perancang busana berusaha untuk merancang pakaian yang fungsional serta estetis. Mereka harus mempertimbangkan siapa yang akan mengenakan pakaian dan situasi di mana akan dikenakan. Mereka memiliki berbagai dan kombinasi bahan untuk bekerja dengan dan berbagai macam warna, pola dan gaya untuk memilih dari. Meskipun
pakaian paling dipakai untuk dipakai sehari-hari berada dalam kisaran
sempit gaya konvensional, pakaian yang tidak biasa biasanya dicari untuk
acara-acara khusus, seperti memakai malam atau gaun pesta.Beberapa
pakaian yang dibuat khusus bagi seorang individu, seperti dalam kasus
haute couture atau menjahit dipesan lebih dahulu. Saat ini, sebagian besar pakaian dirancang untuk pasar massal, terutama santai dan setiap hari-pakai.Isi
1 Struktur
2 Merancang pakaian
3 Sejarah
4 Jenis busana
4.1 Haute couture
4.2 Siap-to-wear (pret-a-porter)
4,3 mass market
5 Laba
6 Mode pendidikan
7 Area Fashion Design
8 Bintang sistem
9 Dunia industri fashion
9.1 Amerika desain fashion
9.2 desain mode Inggris
9,3 desain busana Perancis
9,4 desain Italia busana
9,5 desain busana Swiss
9,6 desain Jepang busana
9,7 desain busana Soviet
9.7.1 Kebijakan Ekonomi Baru (1920)
9.7.2 Stalin Era (1930-1950-an)
9.7.3 Khrushchev Era (1950-1960-an)
9.7.4 Brezhnev Era (1970-1980-an)
9.7.5 Gorbachev Era (1980)
Fashion desain istilah 10
11 Lihat juga
12 Referensi
13 BibliografiStrukturFashion desainer dapat bekerja dalam berbagai cara banyak. Fashion desainer dapat bekerja penuh waktu untuk satu fashion sebagai 'in-house desainer' [1] yang memiliki desain. Mereka mungkin bekerja sendiri atau sebagai bagian dari tim. Freelance
desainer bekerja untuk diri mereka sendiri, [2] menjual desain mereka
untuk rumah mode, langsung ke toko-toko, atau produsen pakaian. Pakaian menanggung label pembeli. Beberapa perancang busana mendirikan label mereka sendiri, di mana desain mereka dipasarkan. Beberapa perancang busana bekerja sendiri dan desain untuk klien individu. Tinggi lainnya perancang busana memenuhi toko-toko khusus atau high-fashion department store. Ini membuat desainer pakaian asli, serta mereka yang mengikuti tren fashion didirikan. Perancang
busana Namun, sebagian besar bekerja untuk pabrik pakaian membuat
desain dari laki-laki, perempuan, anak-anak dan mode untuk pasar massal.
Merek
desainer besar yang memiliki 'nama' sebagai merek mereka seperti
Abercrombie & Fitch, Keadilan, atau Juicy kemungkinan akan dirancang
oleh tim desainer individu di bawah arahan seorang direktur desainer.Merancang pakaianPerancang busana bekerja dalam cara yang berbeda. Beberapa sketsa ide-ide mereka di atas kertas, sementara yang lain menggantungkan kain pada formulir gaun. Ketika
seorang desainer benar-benar puas dengan fit dari toile (atau muslin),
ia akan berkonsultasi dengan pembuat pola profesional yang kemudian
membuat selesai, bekerja versi pola keluar dari kartu atau melalui
sistem komputerisasi. Pekerjaan Pembuat Pola ini sangat tepat dan telaten. Fit dari pakaian selesai tergantung pada akurasi mereka. Akhirnya, pakaian sampel terdiri dan diuji pada model untuk memastikan itu adalah pakaian operasional. Myriam
Chalek, pemilik dan pendiri Rumah Bisnis Kreatif menjelaskan bahwa
sebagian besar perancang busana waktu hanya memiliki konsep fashion,
sedangkan teknis dan konstruksi tidak dipikirkan selama konsepsi visual
dan sketsa proses. Oleh
karena itu, perancang busana perlu bertemu dengan pembuat pola dan
pembuat sampel untuk mengetahui apakah sketsa di atas kertas dapat
dibawa ke kehidupan sesuai visinya.SejarahSalon Chéruit di Vendôme Tempat di Paris, 1910Artikel utama: Sejarah desain fashionFashion
desain umumnya dianggap telah dimulai pada abad ke-19 dengan Charles
Frederick Worth yang merupakan desainer pertama yang memiliki label nya
dijahit ke pakaian yang ia ciptakan. Sebelum
draper mantan mengatur nya maison couture (rumah mode) di Paris, desain
pakaian dan penciptaan ditangani oleh penjahit sebagian besar anonim,
dan fashion tinggi turun dari yang dipakai di pengadilan kerajaan. Keberhasilan
Worth adalah sedemikian rupa sehingga ia mampu mendikte pelanggan apa
yang harus mereka kenakan, bukannya mengikuti memimpin mereka sebagai
penjahit sebelumnya telah dilakukan. 'Haute couture Istilah sebenarnya pertama kali diciptakan untuk menggambarkan dirinya. Sementara
semua artikel pakaian dari setiap periode waktu yang dipelajari oleh
para akademisi sebagai desain kostum, pakaian hanya dibuat setelah 1.858
dapat dianggap sebagai desain fashion.Ia selama periode ini bahwa desain rumah yang mulai menyewa seniman untuk membuat sketsa atau melukis desain untuk pakaian. Gambar-gambar
yang ditampilkan untuk klien, yang jauh lebih murah daripada
memproduksi garmen sampel yang sebenarnya di ruang kerja. Jika klien menyukai desain mereka, mereka memerintahkan dan garmen yang dihasilkan membuat uang untuk rumah. Dengan
demikian, tradisi desainer membuat sketsa desain garmen bukannya
menampilkan pakaian diselesaikan pada model untuk pelanggan mulai
sebagai suatu perekonomian.Jenis busanaPakaian
diproduksi oleh produsen pakaian jatuh ke dalam tiga kategori utama,
meskipun ini dapat dibagi menjadi tambahan, kategori yang lebih
spesifik:Haute coutureArtikel utama: Haute coutureSampai
tahun 1950-an, mode pakaian yang didominasi dirancang dan diproduksi
pada ukuran-buatan-atau haute couture dasar (Perancis untuk tinggi
menjahit), dengan pakaian masing-masing diciptakan untuk klien tertentu.
Sebuah
pakaian couture dibuat untuk memesan untuk pelanggan individu, dan
biasanya terbuat dari berkualitas tinggi, kain mahal, dijahit dengan
perhatian yang ekstrim terhadap detail dan selesai, sering menggunakan
memakan waktu, tangan-teknik dieksekusi. Terlihat dan cocok mengambil prioritas di atas biaya material dan waktu yang dibutuhkan untuk membuat [3]. [4]Siap-to-wear (pret-a-porter)Artikel utama: Siap-to-wearSiap-to-memakai pakaian adalah silang antara haute couture dan pasar massal. Mereka tidak dibuat untuk pelanggan individu, tapi hati-hati diambil dalam pilihan dan memotong kain. Pakaian
yang dibuat dalam jumlah kecil untuk menjamin eksklusivitas, sehingga
mereka agak mahal. [5] [6] Siap-to-wear koleksi biasanya disajikan oleh
rumah mode setiap musim selama periode yang dikenal sebagai Fashion
Week. Ini terjadi secara kota-lebar dan terjadi dua kali setahun. Musim utama Fashion Week meliputi, musim semi / musim panas, musim gugur / musim dingin, resor, berenang dan pengantin.Pasar massalArtikel utama: mass marketSaat ini industri fashion lebih bergantung pada penjualan pasar massal. Pasar
massal melayani berbagai pelanggan, produksi siap-pakai pakaian
menggunakan tren yang ditetapkan oleh nama-nama terkenal di dunia
fashion. Mereka
sering menunggu sekitar satu musim untuk memastikan gaya akan menangkap
sebelum memproduksi versi mereka sendiri dari tampilan aslinya. Dalam
rangka untuk menghemat uang dan waktu, mereka menggunakan kain yang
lebih murah dan teknik produksi sederhana yang dengan mudah dapat
dilakukan dengan mesin. Produk akhir sehingga dapat dijual jauh lebih murah [7]. [8] [9]Ada
jenis desain yang disebut "kutch" desain berasal dari kata Jerman
"kitschig" yang berarti "jelek" atau "tidak estetis menyenangkan." Kitsch
juga dapat merujuk kepada [10] "memakai atau menampilkan sesuatu yang
karena itu tidak lagi dalam mode." Seringkali, celana panjang
berpinggang tinggi, terkait dengan tahun 1980-an, dianggap sebagai
"kitsch" pernyataan fashion. [11]PendapatanGlobe ikon.Contoh-contoh dan perspektif dalam bagian ini mungkin tidak mewakili pandangan seluruh dunia subjek. Harap memperbaiki artikel ini dan mendiskusikan masalah di halaman pembicaraan. (Desember 2010)Upah tahunan rata-rata untuk perancang busana gaji adalah $ 61.160 pada Mei 2008. 50
persen menengah yang diterima antara $ 42.150 dan $ 87.120. [12] The 10
persen terendah menerima kurang dari $ 32.150, dan 10 persen tertinggi
memperoleh lebih dari $ 124.780. Pendapatan
tahunan rata-rata adalah $ 52,860 (£ 28,340) dalam pakaian, barang
sepotong, dan gagasan - industri mempekerjakan jumlah terbesar dari
perancang busana [13].Mode PendidikanKelas A diisi dengan mesin jahit dan Dressforms.Sebuah busana mahasiswa menunjukkan, 2007Ada
sejumlah terkenal sekolah khusus seni dan sekolah desain di seluruh
dunia yang menawarkan gelar dalam desain fashion dan teknologi desain
fashion. Beberapa perguruan tinggi juga menawarkan Masters kursus Mode. Meskipun
bukan persyaratan untuk memiliki gelar tingkat Master, dianjurkan oleh
mereka yang sudah bekerja di industri untuk belajar di tingkat ini [14].Sekolah-sekolah desain yang paling terkenal di Eropa meliputi:
London
London College of Fashion
Central Saint Martins College of Art dan Desain
Ravensbourne (College)
University of Westminster
Kingston University
Inggris
University of Brighton
De Montfort University
Perancis
IFA Paris
Mod'Art
Esmod
Fashion Federation PARIS
Parsons Paris
Skotlandia
Edinburgh College of Art
Irlandia
Limerick School of Art dan Desain
National College of Art dan Desain
Italia
Istituto Marangoni
Domus Academy
Politecnico Milan
Polimoda
Naba - Nuova Accademia di Belle Arti Milano
Istituto Europeo di Desain
Universitas Iuav Venesia
Rumania
UNArte di Bucharest, Rumania.
Belgia
Antwerpen Mode Academy
Bulgaria
New Bulgaria Universitas
AS
Fashion Institute of Technology di New York City, New York
Parsons The New School untuk Desain di New York City, New York
Pratt Institute di New York City, New York
Academy of Art University di San Francisco, California
Savannah College of Art dan Desain di Savannah, Georgia
Virginia Commonwealth University di Richmond, Virginia
Woodbury University di Burbank, California
Otis College of Art & Design di Los Angeles, California
Fashion Institute of Design & Merchandising di Los Angeles, California
School of Art Institute of Chicago di Chicago, Illinois
Columbia College Chicago di Chicago, IllinoisDi
tempat lain di dunia, National Institute of Fashion Technology di
India, Shih Chien University di Hong Kong, RMIT University di Melbourne,
Fu Jen Catholic University di Taiwan dan rantai Universitas Asia,
Raffles College of Design and Commerce, semua memiliki desain fashion
terkemuka kursus.Ada
banyak universitas yang menawarkan desain fashion di seluruh Amerika
Serikat, biasanya dalam konteks gelar seni liberal umum. Konsentrasi
utama menggabungkan desain fashion mungkin memiliki nama alternatif
seperti Pakaian dan Tekstil Desain Pakaian dan atau Tekstil, dan dapat
ditempatkan di departemen seperti Seni dan Sejarah Seni, atau keluarga
dan Studi Konsumen. Beberapa sekolah, seperti Parsons, menawarkan jurusan Manajemen Fashion, menggabungkan fashion dengan pendidikan kursus bisnis.The
Ivy League satunya Universitas memiliki program sarjana Desain Fashion
adalah Cornell University di Ithaca, New York, sebuah program yang
ditawarkan oleh departemen Ilmu Fiber & Desain Pakaian. Cornell juga menawarkan program PhD dalam desain pakaian. [15]Sebuah
daftar terbaru dari master desain fashion dan program PhD dapat
ditemukan di ITAA.org. [16] Program-program yang dimaksudkan untuk
mengatasi kebutuhan akademisi, industri, dan penelitian dengan
mempertimbangkan desain pakaian sebagai ilmu terapan yang mencakup
desain, teknologi, ilmu fisika, humaniora, dan ilmu sosial dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia untuk pakaian.Bidang Fashion DesignDaerah Singkat PasarHari Perempuan mengenakan Praktis, nyaman, modis Haute couture, siap-pakai, pasar massalEvening perempuan mengenakan Glamorous, canggih, cocok untuk acara Haute couture, ready-to-wear, mass marketPerempuan Lingerie Glamorous, nyaman, dicuci Haute Couture, siap-pakai, pasar massalHari Pria memakai Casual, praktis, Menjahit nyaman, siap-pakai, pasar massalEvening Pria mengenakan Cerdas, elegan, formal, tepat untuk acara Menjahit, siap-pakai, pasar massal'Anak-anak memakai Trendy atau Classy, praktis, dicuci, fungsional Siap-pakai, pasar massalGirls 'Kenakan Cukup, warna-warni, praktis, dicuci, murah Ready-to-wear, mass marketGadis Remaja Kenakan Colorful, nyaman, glamor, cukup Siap-pakai, pasar massalOlahraga yang nyaman, praktis, berventilasi, dicuci, fungsional Siap-pakai, pasar massalRajutan Kanan berat badan dan warna untuk musim Siap-pakai, pasar massalPakaian Stylish, hangat berat badan, dan warna yang tepat untuk pasar Ready-to-wear, mass musimPengantin mengenakan mewah, glamor, klasik Haute couture, siap-pakai, pasar massalMencolok aksesoris, modis Haute couture, siap-pakai, pasar massalBintang sistemDesainer bekerja dalam suatu sistem hirarkis."Para
desainer yang paling bertingkat dalam sistem Perancis mode [...]
Fashion memastikan berfungsinya sistem posisi dominan dan subordinat
dalam suatu tatanan sosial Fashion ideologis dalam hal itu juga
merupakan bagian dari proses. Dimana sosial tertentu kelompok,
dalam hal ini desainer elit, membangun, mempertahankan dan mereproduksi
posisi kekuasaan dan hubungan dominasi dan subordinasi. Posisi dominasi
dan subordinasi tampil natural dan sah, tidak hanya untuk mereka yang
memegang dominasi, tetapi juga untuk orang-orang dalam posisi subordinat
Fashion
dan. media mode, yaitu pakaian, tawaran berarti membuat kesenjangan
status sosial ekonomi tampak sah, dan, karenanya, dapat diterima "[17].Sebuah
"konsepsi mitos desainer sebagai 'jenius kreatif' terputus dari kondisi
sosial" [18] adalah pusat untuk kerja dari sistem fashion dan untuk
reproduksi fashion sebagai ideologi. Kreativitas
dikonstruksi secara sosial dan bukan bawaan yang diberikan, yaitu
banyak mungkin berbakat tapi tidak ada yang bisa menjadi seorang
desainer terkenal tanpa dilegitimasi oleh sistem fashion dan gatekeeper
nya. [19]Sistem bintang adalah sebagai penting untuk industri fashion seperti untuk industri Budaya. "Genre
dan sistem bintang merupakan upaya untuk menghasilkan sesuatu yang
analog dengan nama merek dalam industri budaya [...] Bintang yang.
Diperlukan karena merupakan bagian dari ideologi kreativitas yang karya
kreatif harus memiliki seorang penulis diidentifikasi." [20]Dunia industri fashionHari Fashion adalah industri global, dan sebagian besar negara-negara besar memiliki industri fashion. Beberapa
negara adalah pusat manufaktur utama, terutama Indonesia, Filipina,
Cina, Bangladesh, Korea Selatan, Spanyol, Jerman, Brasil dan India. Lima negara telah membentuk reputasi internasional dalam mode: Perancis, Italia, Inggris, Amerika Serikat, dan Jepang. Akhir-akhir ini, ada desainer besar berasal dari Turki dan Spanyol juga. Pakistan dan Rumania juga dikenal karena memiliki perancang busana yang sangat berbakat.Amerika desain fashionMayoritas
rumah mode Amerika yang berbasis di New York, meskipun ada juga
sejumlah besar di Los Angeles, di mana sebagian besar pakaian fashion
tinggi yang diproduksi di Amerika Serikat sebenarnya dibuat. Ada juga industri yang sedang berkembang di Miami, Chicago, Dallas, dan terutama San Francisco. Amerika
desain fashion didominasi oleh bersih-potong, gaya perkotaan, kasual,
mencerminkan, atletik sadar kesehatan gaya hidup penduduk kota-Amerika. Seorang
desainer yang membantu untuk mengatur tren di Amerika Serikat untuk
olahraga-dipengaruhi memakai hari sepanjang 1940-an dan 50-an adalah
Claire McCardell. Banyak desain-nya telah dihidupkan kembali dalam beberapa dekade terakhir.British fashion desainLondon
telah lama menjadi ibukota industri fashion Inggris dan memiliki
berbagai macam desain asing yang telah terintegrasi dengan gaya Inggris
modern. Desain
khas Inggris yang pintar tapi inovatif namun baru-baru ini telah
menjadi gaya sekering lebih dan lebih konvensional, tradisional dengan
teknik modern. Gaya Vintage memainkan peran penting dalam industri mode Inggris dan styling. Teratur
stylist 'mix and match' yang lama dengan yang baru, yang memberikan
gaya Inggris yang unik, estetika bohemian bahwa banyak ibukota fashion
lainnya mencoba untuk meniru. Busana Irlandia (baik desain dan styling) juga sangat dipengaruhi oleh tren fashion dari Inggris. Merek
Inggris yang terkenal dan desainer termasuk Burberry, Alexander
McQueen, Mulberry, Stella McCartney dan Vivienne Westwood. [21]French fashion desainArtikel utama: mode PerancisKebanyakan rumah mode Perancis di Paris, yang merupakan ibukota mode Prancis. Secara tradisional, fashion Perancis chic dan stylish, didefinisikan oleh kecanggihannya, memotong, dan aksesoris cerdas. Meskipun
Global Language Monitor menempatkannya 3 di Media, setelah Milan dan
New York, fashion Perancis yang diakui dunia internasional.Italian fashion desainArtikel utama: mode ItaliaMilan adalah ibukota Italia fashion. Sebagian besar couturiers Italia lebih tua berada di Roma. Namun, Milan dan Florence adalah ibukota fashion Italia, dan itu adalah ajang pameran koleksi mereka. Mode Italia fitur kasual elegan dan kain yang mewah.Swiss fashion desainSebagian
besar rumah mode Swiss berada di Zürich. [22] Tampilan Swiss kasual
elegan dan mewah dengan sentuhan sedikit quirkiness. Selain itu, telah sangat dipengaruhi oleh adegan klub dansa.Jepang fashion desainKebanyakan rumah mode Jepang di Tokyo. Tampilan
Jepang longgar dan tidak terstruktur (sering dihasilkan dari pemotongan
rumit), warna cenderung kain sombre dan halus, dan bertekstur kaya. Desainer
Jepang yang terkenal adalah Yohji Yamamoto, Kenzo, Issey Miyake
(menggantungkan ahli dan dipotong), dan Comme des Garçons ini Rei
Kawakubo, yang mengembangkan cara baru pemotongan (sebanding dengan
inovasi Madeleine Vionnet di tahun 1930-an).Soviet fashion desainFashion di Uni Soviet sebagian besar mengikuti kecenderungan umum dari dunia Barat. Namun, ideologi sosialis negara secara konsisten dikelola dan mempengaruhi tren. Selain itu, kekurangan barang-barang konsumsi berarti bahwa masyarakat umum tidak memiliki akses siap untuk pra-dibuat fashion.Kebijakan Ekonomi Baru (1920)Otorisasi
Kebijakan Ekonomi Baru dari bisnis swasta diperbolehkan mode Barat
untuk memasuki Uni Soviet. [23] Namun, ideologi Bolshevik menentang
konsumsi mode Barat sebagai praktek intrinsik kapitalis. Barat busana menekankan baik status ekonomi dan perbedaan gender di bawah sistem yang berusaha untuk deemphasize keduanya. [24]Pada
awal 1920-an, Partai-sanksi majalah seperti Rabotnitsa ("The Woman
Kerja") dan Krest'yanka ("The Woman Petani") menawarkan wacana belum
bingung terbatas pada mode. Meliputi
wanita ditampilkan dalam pakaian kerja biasa, namun majalah sering
mengandung iklan untuk perusahaan swasta menjual pakaian gaya [25] Pada
1927, Namun, pesan majalah 'konsisten:. Perempuan harus dinilai
berdasarkan kemampuan mereka untuk bekerja, bukan penampilan mereka. Fashion, sebagai alat bantu kecantikan, karena itu borjuis dan merugikan masyarakat sosialis. [26]Sebagai
gantinya, negara menugaskan proyek untuk insinyur Soviet jenis baru
gaun, yang menarik pada pakaian tradisional, bentuk konstruktivis, dan
fasilitas teknologi [27] Contructivist seperti Varvara Stepanova dan
Aleksandr Rodchenko. Setuju bahwa busana didorong oleh pasar adalah
inheren berbahaya [28].
Mereka dipekerjakan geometri sederhana kubisme desain pakaian yang
fungsional, mudah diproduksi secara massal, dan kadang-kadang unisex.
[29] Karena kekurangan bahan yang memadai dan mesin, namun, ini
prozodezhda, atau "pakaian produksi", tidak
menarik bagi penonton proletar yang itu dimaksudkan [30] Designs. hanya
tersedia untuk anggota yang paling istimewa dari kaum intelektual, yang
akhirnya lebih memilih mode Barat ke prozodezhda sangat eksperimental.
[31]Stalin Era (1930-1950-an)Selama era Stalin, anti-fashion sentimen hilang. Partai-sanksi majalah sekarang dipromosikan mode dan kecantikan sebagai bagian penting dari kehidupan seorang wanita Soviet. Rabotnitsa
termasuk saran fashion di hampir setiap masalah dan secara teratur
dilaporkan pada rumah mode baru membuka di Uni Soviet [32]. Krest'yanka
bahkan mengorganisir acara bepergian untuk membawa fashion untuk
pedesaan. [33] Estetika dipromosikan tersebut sangat bervariasi, mulai
dari perkotaan polish untuk dekorasi hiasan [34]. [35]Ini
minat baru dalam mode terhubung ke pernyataan Joseph Stalin bahwa
"hidup menjadi lebih baik dan lebih ceria". [36] gambar Persistent
perempuan polos dan petani kuno dianggap menyebarkan pandangan kapitalis
bahwa sosialisme menimbulkan kemiskinan [37]. Fashionable dan pakaian yang indah adalah sinyal dari budaya dan kualitas hidup yang sama (atau superior) sampai yang di bawah kapitalisme. Stakhanovites, sebagai contoh utama dari pekerja yang sukses, diharapkan untuk mematuhi standar tinggi terutama penampilan. Mereka sering difoto mengenakan pakaian dengan baik bahkan ketika mereka pergi ke pabrik. [38]Pada kenyataannya, mode disebut-sebut berada di luar berarti sebagian besar warga '. Industri
Soviet tidak mampu menghasilkan pakaian modis dalam jumlah yang
signifikan, dan apa yang ada tidak tersedia untuk dijual umum [39]
Selama Perang Dunia II, industri fashion Soviet melanjutkan hiatus..
[40] Jika warga Soviet rata diinginkan terutama Item
gaya pakaian, mereka biasanya dipaksa untuk komisi penjahit pribadi
[41] Hari-hari busana sering diproduksi sendiri,. dan majalah secara
konsisten menyarankan perempuan untuk mengambil do-it-yourself
pendekatan penampilan mereka. [42 ]Khrushchev Era (1950-1960-an)The Thaw Khrushchev membawa representasi yang lebih besar dari mode Barat ke media dalam negeri. Wartawan
dikirim ke luar negeri untuk melaporkan tren terbaru fashion
internasional. [43] Namun, lembaga busana milik negara dan majalah
moderator tren untuk khalayak Soviet. Mode
"kegilaan" yang ditolak demi klasik, lama berjalan gaya [44] Selain
itu, moderat dan kerendahan hati yang tertekan.. [45] signature style
Coco Chanel, misalnya, terutama dikagumi sebagai simbol keabadian dan
kecanggihan sederhana [46].
Sebuah artikel di New York Times dari 1959 membanting mode Soviet
sebagai biasa-biasa saja, "salinan kikuk" bentuk Barat usang. [47]
Ketersediaan gaya ini, bagaimanapun, adalah meningkat. Toko-toko seperti toko GUM baru dibuka kembali departemen kini membawa mode baru, meskipun dengan harga tinggi. [48]Pendekatan baru negara terhadap busana yang diperhitungkan. Promosi busana selangit yang terjadi di era Stalin, dan kontras dengan ketersediaan aktual, telah menyebabkan kemarahan publik. Dalam
era Khrushchev, industri pakaian milik negara masih mampu menghasilkan
jumlah massa pakaian modis. [49] Namun, mode disederhanakan, penolakan
berlebihan, dan harga tinggi memberikan industri ukuran kontrol atas
permintaan konsumen. [50 ]
Pada awal 1960-an, standar kelas menengah terhadap penampilan meningkat
sehingga Moskow street fashion hampir tidak bisa dibedakan dari yang di
kota Barat. [51]Pada saat yang sama, gerakan tandingan busana tumbuh di kalangan pemuda elit. The
stilyagi, atau "pemburu style", awalnya berdasarkan penampilan mereka
pada penggambaran media Barat (terutama Amerika) mode. Pria
mengenakan barang-barang seperti kemeja Hawaii, kacamata hitam, celana
panjang yang sempit, dan sepatu runcing, sementara perempuan stilyagi
mengenakan rok mini dan dipelihara sikap kekanak-kanakan. Gaya
ini diberi label sebagai "berlebihan", dan kelompok Komsomol
kadang-kadang akan menyerang tempat persembunyian stilyagi dan memotong
rambut mereka dan kaki celana. [52]Brezhnev Era (1970-1980-an)Pada
akhir tahun 1960-an, lembaga busana Soviet, seperti busana biro
terpusat ODMO (All-Union House of Prototip), yang merangkul tren Barat
semakin baru. [53] Pada saat yang sama, masih ada kebutuhan untuk
membangun khas Soviet mode. "Ruang busana," misalnya, bisa langsung masuk ke ideologi negara dengan memuliakan kemenangan ilmu Soviet [54].Realitas, Namun, berbeda dari desain ODMO itu. Industri
Soviet tidak bisa mengikuti dengan permintaan barang modis, dan pasokan
di toko-toko Uni Soviet lebih buruk daripada di negara-negara sosialis
lainnya. [55] Masyarakat juga tidak puas dengan item yang tersedia. Sebagai
contoh, wanita Soviet sehingga tidak menyukai desain dipromosikan
melibatkan cetakan etnik Rusia yang gaya pada akhirnya menjadi lebih
populer di Barat daripada di Uni Soviet itu sendiri. [56]Kelas
menengah semakin fetishized mode Barat, seperti yang terlihat tetapi
tidak mudah didapat. [57] buatan Amerika blue jeans adalah item terutama
diinginkan. [58] toko Secondhand adalah salah satu sumber mode Barat,
sebagai pengunjung dari Barat bisa mengimpor barang dan menjualnya untuk keuntungan tinggi. The
Beriozka jaringan ritel juga menjual beberapa pakaian Barat, tetapi
hanya untuk beberapa hak istimewa yang bisa membayar dalam mata uang
keras atau sertifikat devisa. Sertifikat Devisa dan pakaian Barat yang juga tersedia di pasar gelap. [59]Gorbachev Era (1980)Di bawah perestroika, fashion bervariasi menjadi dapat diterima. Pada
tahun 1987, Gorbachev diperbolehkan edisi Rusia majalah Mode Burda yang
akan diproduksi dan didistribusikan [60]. Tahun berikutnya, Mod Zhurnal
mulai menjalankan baru sebagai majalah pertama "benar" fashion di Uni
Soviet. Dalam konten, itu hampir tidak bisa dibedakan dari sebuah majalah mode Barat, meskipun ODMO menyediakan semua gaya. [61]Ketika
konferensi partai kesembilan belas bertemu pada musim panas 1989,
mereka mengeluarkan sebuah resolusi untuk meningkatkan produksi
barang-barang konsumsi. Pakaian
modis yang disebutkan secara khusus dalam proses. [62] Meskipun
pendukung untuk fashion di tingkat tertinggi birokrasi, perubahan nyata
dalam produksi gagal dilaksanakan. Departemen
Industri Ringan menetapkan kuota untuk menciptakan produk baru, tetapi
pabrik-pabrik tekstil daur ulang pola lama dan produk sebagai gantinya.
[63]Sementara itu, relaksasi sensor di bawah glasnost membuat kelas menengah bahkan lebih sadar rekan-rekan mereka di Barat. Mereka merasa bahwa mereka pantas pakaian modis sebagai simbol status, tapi masih tidak bisa dengan mudah mendapatkannya. [64]Desain fashion istilah
Seorang perancang busana conceives kombinasi pakaian garis, proporsi, warna, dan tekstur. Sedangkan menjahit dan pembuatan pola keterampilan yang bermanfaat, mereka bukan pra-syarat dari desain fashion yang sukses. Sebagian besar perancang busana secara resmi dilatih atau magang.
Seorang
desainer teknis bekerja dengan tim desain dan pabrik-pabrik di luar
negeri untuk memastikan konstruksi garmen yang benar, pilihan kain yang
tepat dan cocok. Para
perancang teknis sesuai dengan sampel garmen pada model fit, dan
memutuskan yang cocok dan konstruksi untuk membuat perubahan sebelum
massa memproduksi garmen.
Seorang pembuat pola (atau pemotong pola) draft bentuk dan ukuran potongan pakaian itu. Hal
ini dapat dilakukan secara manual dengan kertas dan alat pengukur atau
dengan menggunakan sebuah program perangkat lunak komputer CAD. Cara lain adalah dengan menggantungkan kain langsung ke bentuk gaun. Potongan-potongan
pola yang dihasilkan dapat dibangun untuk menghasilkan desain yang
dimaksud dari garmen dan ukuran yang dibutuhkan. Pelatihan formal biasanya diperlukan untuk bekerja sebagai penanda pola.
Sebuah
penjahit membuat pakaian yang dirancang khusus dibuat untuk mengukur
klien, terutama pakaian (baju dan celana, jaket dan rok, dan
sebagainya). Penjahit biasanya menjalani magang atau pelatihan formal lainnya.
Seorang desainer tekstil tenun kain dan desain cetakan untuk pakaian dan perabot. Kebanyakan desainer tekstil secara resmi dilatih sebagai magang dan di sekolah.
Stylist
Sebuah mengkoordinasikan pakaian, perhiasan, dan aksesoris yang
digunakan dalam fotografi fashion dan presentasi catwalk. Stylist A juga dapat bekerja dengan klien individu untuk merancang lemari pakaian terkoordinasi. Banyak
penata dilatih dalam desain busana, sejarah fashion dan kostum sejarah,
dan memiliki tingkat keahlian yang tinggi di pasar fashion saat ini dan
tren pasar masa depan. Namun, beberapa hanya memiliki rasa estetika yang kuat untuk menarik tampak hebat bersama-sama.
Seorang pembeli memilih dan membeli busana campuran pakaian yang tersedia di toko-toko ritel, department store dan toko rantai. Pembeli fashion paling dilatih dalam studi bisnis dan / atau fashion.
Sebuah
penjahit menjahit ready to wear atau massa pakaian yang diproduksi
dengan tangan atau dengan mesin jahit, baik di toko pakaian atau sebagai
operator mesin jahit di pabrik. Dia
(atau dia) mungkin tidak memiliki keterampilan untuk membuat (desain
dan cut) pakaian, atau untuk menempatkan mereka pada model.
Seorang guru dari desain fashion mengajarkan seni dan kerajinan desain busana dalam seni atau sekolah mode.
Sebuah busana adat membuat custom-made pakaian untuk memesan, untuk pelanggan tertentu.
Penjahit
Sebuah mengkhususkan diri dalam custom-made pakaian wanita: hari,
cocktail, dan gaun malam, pakaian bisnis dan pakaian, trousseaus,
pakaian olahraga, dan pakaian.
Ilustrator menarik dan melukis desain pakaian untuk penggunaan komersial.
Sebuah
peramal memprediksi apa warna busana, gaya dan bentuk akan menjadi
populer ("on-tren") sebelum pakaian yang dijual di toko-toko.
Sebuah model memakai dan menampilkan pakaian di fashion show dan foto.
Sebuah model fit membantu perancang busana dengan memakai dan mengomentari fit pakaian selama desain dan pra-pembuatan. Model Fit harus menjadi ukuran tertentu untuk tujuan ini.
Seorang wartawan menulis artikel mode busana menggambarkan pakaian disajikan atau tren fashion, untuk majalah atau koran.
Seorang ahli perubahan (alterationist) menyesuaikan fit pakaian selesai, biasanya siap-pakai, dan kadang-kadang re-gaya mereka. CATATAN: meskipun penjahit mengubah pakaian agar sesuai klien, tidak semua alterationists adalah penjahit.
Konsultan Gambar, konsultan lemari atau penasihat busana merekomendasikan gaya dan warna yang menyanjung kepada klien
Tuesday, October 16, 2012
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment